Sukses

Motor Baru Keluar Asap Putih, Pertanda Apa?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu masalah yang kerap muncul pada sepeda motor adalah keluarnya asap dari knalpot. Umumnya, jika asap putih yang keluar, maka masalahnya adalah oli yang bocor ke ruang bakar. Sementara jika asap hitam, maka kemungkinan berasal dari tumpukan karbon di bagian knalpot.

Perlu dicatat, dua masalah di atas umumnya terjadi pada motor-motor lawas. Namun bukan berarti motor baru bebas dari `penyakit` ini. Dalam beberapa kasus ada motor baru yang mengeluarkan asap putih agak biru. Kenapa bisa begitu?

Reki Suhendra, mekanik bengkel L12 mengatakan bahwa sumber masalah bisa diketahui dengan mengetahui secara spesifik kapan asap putih itu keluar. Apakah persis saat mesin dihidupkan, atau saat sudah sedikit panas.

"Kalau keluar asap waktu mesin sudah agak panas kemungkinan dari mufflernya (silencer). Tapi kalau baru dinyalakan langsung keluar asap pasti dari mesinnya," ujarnya kepada Liputan6.com, di Depok, Senin (26/9/2016).

Reki menjelaskan, jika asap keluar saat mesin sudah panas menandakan ada lapisan anti karat di muffler yang ikut terbakar. Asap ini akan hilang bersamaan dengan hilangnya lapisan anti karat tersebut.

Lain halnya jika asap keluar sesaat setelah mesin dihidupkan. Jika ini yang terjadi, maka tandanya produk tersebut tidak sempurna alias cacat. "Ada kasus seperti itu. Produk massal memang tidak akan semuanya mulus. Saya misalnya pernah menemukan motor baru yang stang sehernya sedikit bengkok," tambahnya.

Karena itu, Reki menyarankan motor yang baru keluar dari showroom langsung dibawa ngebut. Ini untuk mengetahui apakah ada kerusakan tertentu atau tidak. "Pernah ada kawan yang beli Skywave baru langsung `digeber`. Saat itu ternyata mesin sangat berisik. Akhirnya karena masih garansi komponen mesin diganti total," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini