Sukses

Menegangkan, Aksi Wheelie Terjauh Dunia

Dougie Lampkin, membuat sejarah dengan menjadi orang terlama yang melakukan mono-wheeling. Ia berhasil melaju hingga 37 km.

Liputan6.com, Snaefell - Pemain sepeda motor trail profesional asal Inggris, Dougie Lampkin, membuat sejarah dengan menjadi orang terlama yang melakukan mono-wheelie. Ia berhasil melaju dengan motor yang ban depannya terangkat sejauh 37 km.

Rekor ini Lampkin pecahkan di Isle of Man TT. Sebelum berhasil memecahkan rekor ini, beragam masalah ia hadapi. Misalnya, sebagaimana dilaporkan rideapart.com, pemberangkatan ke lokasi ditunda hingga 24 jam karena cuaca yang tak menentu.

Kemudian pada sesi pemecahan rekor pun cukup sulit. Pasalnya mono-wheelie ini digelar di jalanan umum. Apalagi, jalanan yang dipakai ada di Snaefell, gunung tertinggi di Isle of Man sehingga ada kesulitan tersendiri karena jalanan yang berkelok.

"Kami memiliki beberapa masalah dengan lalu lintas. Semua hal di luar kendali saya sehingga saya harus berkonsentrasi dengan kerja saya," terang Lampkin.

Dalam memecahkan rekor ini, Lampkin menggunakan sepeda motor bernama Vertigo 300 buatan pabrikan bernama Vertigo Motors asal Inggris. Motor standarnya kemudian dimodifikasi sedemikian rupa, misalnya penambahan footpegs ke as roda belakang.

Modifikasi juga dilakukan di bagian lain, misalnya penambahan rem belakang kedua serta motor elektrik untuk menjaga roda depan tetap berputar. Dengan roda depan yang memutar, maka keseimbangan lebih bisa dijaga dan pemecahan rekorpun lebih mudah.

Di atas kertas, Vertigo 300 menggendong mesin 2 tak dengan ECU. Mesin ini mampu hasilkan tenaga maksimal 31 Tk dan torsi 48 Nm. Dengan transmisi 6 percepatan,Vertigo 300 mampu melaju hingga kecepatan maksimal 115 km/jam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini