Sukses

BMW Pernah Punya Varian Pikap, Seperti Ini Sosoknya

Varian pikap hadir hanya untuk pemakaian internal BMW M.

Liputan6.com, Munich - M3 jadi varian sport garapan BMW yang punya nama di kancah otomotif global. Pabrikan yang bermarkas di Munich, Jerman telah menelurkan beberapa konsep turunan berbasis M3 selama tiga dekade eksistensinya.

Tahun ini M3 telah menginjak generasi kelima. Mobil sport Bavaria ini menjadi standarisasi performa di segmennya. BMW selaku produsen juga tidak kenal henti untuk terus berinovasi pada jagoan di kelas menegah ini.

BMW bahkan sempat menggarap prototipe pikap dari basis M3. Dari dua konsep yang digarap, tidak ada yang benar-benar masuk produksi massal. Berikut ragam pikap sport tersebut sebagaimana dikutip Carscoops:

E30 M3 1986

Prototipe perdana pikap BMW muncul pada 1986 melalui generasi E30. BMW menciptakan varian ini sebenarnya untuk kendaraan pengangkut peralatan dan komponen di sekitar Divisi M.

Mesin E30 versi pikap dijuluki sebagai Italian M3 yakni 2,0 liter, atau versi destroke dari mesin S14 berkapasitas 2,3 liter dengan output 200 Tk. Mobil ini digunakan selama 26 tahun dan pensiun pada 2011 silam.

BMW E90 M3 2011

Foto: Carscoops

Generasi terakhir pikap sport BMW muncul lima tahun lalu dalam tipe E90. BMW serius menggarap konsep pikap ini untuk aksi usil menyambut April Mop.

BMW bahkan menguji E90 pikap ini di Nurburgring, tempat pabrikan otomotif biasa test drive konsep produksi. Uji coba E90 memunculkan banyak spekulasi di media atas peluncuran mobil bak terbuka itu.

Insinyur BMW M memanfaatkan platform Seri 3 Convertible dengan rangka diperkuat. Mesin penggeraknya cukup digdaya, V8 4,0 liter dengan output 414 Tk. Prototipe ini juga telah memenuhi syarat sebagai mobil jalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.