Sukses

Hindari Tilang, Sejumlah Pengemudi Pakai Alat James Bond

Kamera pengawas sulit membaca plat nomor karena terhalang.

Liputan6.com, London - Aston Martin DB5 dalam film Goldfinger punya peranti unik yakni kamuflase plat. Alat di mobil tunggangan James Bond tersebut berfungsi membalik plat nomor bawaan mobil dengan plat nomor palsu untuk mengelabui indetifikasi musuh.

Rupanya, alat serupa telah jamak dipakai oleh pemilik mobil di Inggris. Tujuannya tidak jauh beda, mereka ingin agar tidak terpantau kamera pengawas atau menghindarkan diri dari membayar tilang dengan menutup sebagian plat nomor.

Dikutip Mirror, alat ini dijual mulai 70 pound sterling atau sekira Rp 1,18 jutaan di eBay. Cara kerjanya cukup sederhana, hanya dengan menekan tombol kemudian panel akan menutup sebagian plat nomor, atau motor elektrik memutar poros penyangga plat nomor agar posisinya tidak lagi tegak dan sulit terbaca.

Bila ketahuan, pengguna kamuflase plat nomor ini terancam hukuman serius. Penegak hukum bakal menjatuhi hukuman penjara hingga dua tahun.

"Saya tahu beberapa pembeli memakai frame ini untuk menghindar dari tilang dan ketika parkir. Kamu tahu, sebuah pisau bisa memotong roti atau bisa mengiris jari, tergantung dari pemakainya," kata pemasok dari Lithuania.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini