Sukses

Resep Mudah Tingkatkan Performa Suzuki Satria F Standar

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Satria F 150 termasuk ke dalam bebek high performance. Ukurannya yang relatif ramping dipadu mesin 150 cc DOHC membuat performanya di atas aspal cukup mumpuni dan lincah.

Namun bagi penggila kecepatan, performa bawaan si ayam jago ini kadang dianggap kurang nendang. Menurut Rullianto selaku mekanik dan pemilik Rully Motor Sport di bilangan Cipinang Muara II, ada dua langkah untuk meningkatkan performa Satria F tanpa ubahan ekstrim. Hanya mengubah setelan klep dan porting polish.

"Paling setel shim, dicek lagi celahnya. Dilonggarin dikit tapi masuk dalam spare standar, lalu lubang intake sama exhaust dihalusin lagi," beber pria dengan sapaan Rully ini saat dijumpai Liputan6.com.

Ukuran celah klep standar Satria F 150 di intake yaitu 0,10-0,20 mm dan exhaust 0,20-0,30 mm. Sementara Ruli memakai ukuran intake 0,15 mm longgar dan exhaust-nya dibikin 0,25 longgar.

Proses lainnya yaitu porting polish. Ini juga berlaku pada Satria F 150 versi injeksi. Ia menuturkan bila proses ini tidak perlu ubah mapping ECU.

"Porting polish cuma ngehalusin aja sama fokus ke ruang bakar, jadi nggak perlu ubah mapping. Biayanya sekitar Rp 450 ribu, pengerjaan paling cepat seharian," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.