Sukses

Putaran Mesin Suzuki Satria F 150 Bermasalah, Ini Obatnya

Permasalahan Suzuki Satria F 150 ini berasal dari bagian karburator.

Liputan6.com, Jakarta - Putaran mesin Suzuki Satria F 150 saat langsam wajib dalam kondisi stabil. Apabila putaran mesin tidak menentu alias naik turun maka menjadi pertanda ada yang tidak beres.

Rullianto selaku pemilik Rully Motor Sport menuturkan bila masalah langsam yang naik turun disebabkan masalah di karburator. Penyebabnya bisa karena ada kebocoran atau lubang yang aus.

"Itu karburatornya bermasalah. Mungkin ada lubang di dalamnya yang aus, sudah nggak presisi," tutur pria yang karib disapa Rully ini pada Liputan6.com.

[bacajuga:Baca Juga](2415800 2415770 2437425)

Lebih lanjut, kerusakan juga bisa terjadi pada bagian throttle gas di mana ada seal yang bocor. Penyakit di komponen tersebut menurut Rully sulit untuk diperbaiki.

"Harus ganti satu set karburator kalau itu. Seal-nya juga tidak bisa diperbaiki," ucap mantan mekanik di Suzuki Saharjo tersebut.

Mbrebet di putaran rendah

Masalah lainnya dari putaran mesin yang bermasalah pada motor berjuluk ayam jago ini mbrebet ketika putaran bawah saat berakselerasi seperti mesin dingin. Padahal, mesin sudah dipanaskan sebelumnya. Kondisi ini bisa jadi karena campuran bahan bakar dan udara yang tidak sesuai permintaan mesin.

"Itu dari skep bisa, spuyer juga bisa. Dilihat di busi untuk campuran bahan bakar atau kombinasi main jet atau pilot jet. Bisa dilihat basah keringnya bensin yang masuk dari main jet dan pilot jet," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.