Sukses

Nih, Parade Mobil Anti-BBM di Paris Motor Show

Fokus utama panitia penyelenggara menghadirkan mobil dengan sumber tenaga alternatif dan teknologi otonomos.

Liputan6.com, Paris - Paris Motor Show atau yang juga dikenal sebagai Mondial de l'Automobile resmi dibuka pada 1 Oktober. Penyelenggara berjanji salah satu pameran otomotif terbesar dunia ini menekankan pada teknologi otonomos dan powertrain alternatif.

Dari dua opsi yang ada, pabrikan menjadikan ajang otomotif dua tahunan untuk menonjolkan jajaran mobil ramah lingkungan. Merek-merek kondang memajang kendaraan konsep dengan sokongan motor listrik sebagai daya penggerak utama, adapun mesin konvensional hanya sebagai penyokong tambahan.

Volkswagen misalnya, pabrikan yang tengah tersangkut skandal Dieselgate ini memperkenalkan Golf versi listrik. Mobil ini bisa melaju dalam rentang jarak 402 kilometer hingga 611 kilometer dalam satu kali isi ulang baterai hingga penuh.

Kompetitor senegaranya dari Stuttart, Mercedes-Benz, bahkan sejak jauh-jauh hari akan memperkenalkan mobil listrik lewat sebuah video penggoda (teaser) di Youtube.

Pabrikan berlogo three pointed stars ini menggarap mobil listrik dengan syarat wajib mampu berjalan setidaknya 402,3 km. Mobil ini bahkan memiliki kemampuan jelajah hingga 483 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain Mercedes-Benz, Daimler group yang diwakili juga oleh Smart menampilkan tiga model listrik sekaligus. Mobil mungil Smart ForTwo Coupe, ForTwo Cabrio, dan ForFour dibekali motor listrik dengan tenaga yang setara 82 Tk dan torsi 160 Nm.

Dari seberang lautan, General Motors yang diwakili merek Opel menyuguhkan Ampera-e. Daya jelajah mobil ini hingga 402 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Ampera-e sebenarnya hanya kembaran dari Chevrolet Bolt untuk pasar Amerika Serikat.

Adapun aliansi Jepang-Eropa, Nissan-Renault, menyiapkan Renault Zoe sebagai bintang pameran. Zoe diklaim ebih mumpuni dibanding Nissan Leaf karena menggendong motor listrik 41 kWh.

Merek Jepang lainnya, Mitsubishi, membawa konsep SUV terbaru mereka yang diberi nama GT-PHEV. Nama tersebut merupakan singkatan dari Grand Tourer Plug-in Hybrid EV. Pabrikan berlogo tiga berlian menjejali GT PHEV dengan tiga unit motor listrik yang masing-masing membawa mobil melaju hingga 120 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.