Sukses

Honda Freed Tumbal Kesuksesan BR-V dan HR-V, Selesai di Indonesia

HPM tidak mempersiapkan penerus Freed yang pensiun tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Honda resmi tidak memperpanjang kelangsungan model Freed di Indonesia. Meskipun di negara asalnya, Jepang, telah muncul model baru, PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek tidak tergoda membawa masuk ke Indonesia.

"Kita belum ada rencana memasukkan New Freed sampai sekarang. Tren yang bentuknya kotak masih terbatas, karena lihat LCGC dan MPV yang kotak juga ada tapi segitu saja," tutur Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu.

Jonfis menyebut, selera konsumen saat ini masih melirik mobil dengan desain sporty dan stylish. Honda pun menjagokan tiga model untuk mengisi pasar di harga Rp 250-350 juta yang ditinggalkan Freed.

"Kalau kita lihat tiga tahun belakangan trennya ke low SUV. Semua segmen turun, low SUV dan SUV naik. Line Freed sudah diisi sama HR-V, BR-V,dan Mobilio RS," tuturnya.

HPM telah menghentikan produksi Freed sejak Juni lalu, dan kini yang tersisa hanya stok di jaringan dealer. Ia juga mengakui tren pertumbuhan kendaraan dengan kemampuan offroad ini berdampak langsung pada popularitas Freed.

"Freed penjualannya 500-an. Awal launching bisa sampai tiga ribuan tapi kan sekarang market-nya sudah dimakan BR-V dan HR-V," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.