Sukses

Tuai Perdebatan, Halo Bisa Menghambat Evakuasi Pembalap F1

Halo bisa saja mempersulit pembalap keluar dari kokpit saat terjadi insiden.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Halo kembali menuai perdebatan. Selepas pembalap Formula 1 dari tim Renault, Kevin Magnussen, bernasib sial saat sesi free practice di GP Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu. Renault RS16 yang ia kemudikan tiba-tiba terbakar karena kerusakan di jalur bahan bakar.

Magnussen berhasil keluar dengan cepat saat api mulai berkobar di mobilnya. Ia menyebut proses evakuasi ini bakal lain ceritanya bila ada Halo yang terpasang di mobilnya.

Pembalap asal Denmark ini melihat Halo sebagai peranti keselamatan yang patut dipertimbangkan secara seksasama sebelum akhirnya resmi digunakan. Alat ini bisa saja mempersulit pembalap keluar dari kokpit saat terjadi insiden.

[bacajuga:Baca Juga](2616822 2614975 2544445)

"Anda bisa bertanya kepada beberapa pembalap yang menggunakannya, lalu melihat apakah mereka masih bisa keluar dengan cepat," tutur pembalap 23 tahun ini sebagaimana dikutip Motorsport.

Magnussen tampak tenang saat proses evakuasi di layar kaca. Ia membantah bila saat evakuasi ada drama karena prosesnya berjalan lambat.

"Menurut pendapat saya, lima detik terlalu lama jika mobil terbakar, dan kamu tidak ingin menghabiskan waktu selama itu (apalagi bila ada Halo). Saya hanya meihat asap dan melompat keluar karena saya hanya merasa panas," kata Magnussen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.