Sukses

Toyota-Daihatsu Buat Perusahaan Internal, untuk Apa?

Toyota dan Daihatsu berencana mendirikan satu perusahaan internal untuk fokus mengembangkan mobil kompak.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota Motor Corp dan anak perusahaannya Daihatsu Motor Co,. berencana mendirikan satu perusahaan internal yang akan bertanggung jawab terhadap mobil ringkas di negara berkembang.

Mengutip situs resmi Daihatsu, daihatsu.com, Rabu (5/10/2016), perusahaan internal ini akan bertanggung jawab dari mulai perencanaan produk hingga persiapan sebelum mobil kompak masuk dapur produksi.

Rencananya, perusahaan internal ini akan didirikan pada Januari 2017 nanti, dan akan di bawah koordinasi dari Daihatsu yang memang bertanggung jawab dalam pengembangan produk terpadu, pengadaan, dan persiapan produksi.

Meski demikian, dikatakan komposisi perusahaan internal itu akan cukup adil, dengan diisi oleh sebagian orang Daihatsu dan sebagian lagi orang Toyota.

Mobil-mobil ringkas ini nantinya akan didasarkan pada Daihatsu New Global Architecture (DNGA), arsitektur kendaraan Daihatsu yang sampai saat ini masih diformulasikan oleh tim ahli.

Toyota sendiri akan berkontribusi maksimal dengan memberikan seluruh pengetahuan dan sumber daya (baik dana atau manusia) yang dimiliki. Sementara keduanya akan bersama-sama merancang rencana bisnis dan produk saham.

Toyota Executive Vice President, Shigeki Terashi mengatakan, dengan membentuk perusahaan internal ini diharapkan keduanya bisa saling belajar, serta mengubah cara dua perusahaan bekerja demi menciptakan produk yang diterima pasar.

Sebagai informasi tambahan, produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu terkini di Indonesia adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang bermain di segmen low cost green car (LCGC). Masanori Mitsui, Presiden Daihatsu Motor Company, mengatakan bahwa akan ada produk lain yang siap keluar.

"Saat ini kita berada di pabrik perakitan dan R&D yang menjadi basis produksi Daihatsu dan Toyota. Dari sini kami akan terus mengembangkan mobil kompak yang sesuai dengan konsumen Indonesia," ujar Mitsui, di Pabrik Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat, saat peluncuran Calya-Sigra, awal Agustus lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini