Sukses

Motor Dimatikan Timbul Suara `Tek-Tek` di Knalpot, Normalkah?

Banyak anggapan suara semacam `tek-tek-tek` yang keluar dari knalpot persis setelah motor matik dimatikan adalah masalah

Liputan6.com, Depok - Banyak anggapan suara semacam `tek-tek-tek` yang keluar dari knalpot persis setelah motor matik dimatikan adalah masalah. Padahal faktanya tidak demikian. Itu adalah hal yang wajar.

Suara yang cukup mengganggu tersebut sebetulnya berasal dari saringan knalpot berbahan logam yang menyusut. Saat motor hidup, terutama dalam waktu lama, maka bagian itu memuai. Lantas setelah dimatikan komponen yang sama menyusut. Perbedaan kecepatan saat menyusut itulah penyebab bunyi.

"Umumnya hal ini terjadi pada motor-motor baru. Saat semua komponennya masih bagus. Kalau misalnya saringannya sudah lama justru gak berbunyi," ujar Barasa dari Toba Motor kepada Liputan6.com, di Depok, Rabu (5/10).

Karena mekanisme yang demikian, ujar Barasa, suara tek-tek akan hilang seiring dengan semakin dinginnya komponen knalpot.

Perlu digaris bawahi bahwa hal ini tidak terjadi di semua motor matik. Pasalnya setiap motor punya konstruksi knalpot yang berbeda-beda. Salah satu model yang sering mengalami bunyi ini, misalnya, adalah Honda Vario 125.

"Selain itu knalpot modif (aftermarket) umumnya juga tidak mengeluarkan bunyi seperti itu," tambah Barasa.

Laman wahanahonda.com menulis bahwa suara tersebut sebetulnya bisa jadi indikator knalpot panas.

"Jadi saat masih ada bebunyian tek tek tek, hindari memegang knalpot atau beraktivitas di dekat knalpot," tulis laman itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.