Sukses

Hilangkan Penyakit Getar di Motor Matik, Berapa Ongkosnya?

Berapa biaya untuk memperbaiki tarikan awal matik yang bergetar?

Liputan6.com, Depok - Salah satu faktor yang mengganggu kenyamanan berkendara saat mengendarai motor matik adalah tarikan awal yang bergetar. Getarannya bahkan bisa terasa hingga ke stang.

Untuk mengatasi masalah ini, sebetulnya bisa dilakukan sendiri. Dengan syarat mengetahui cara dan punya alat-alatnya. Namun jika tidak bisa, maka tentu yang bisa dilakukan adalah dengan pergi ke bengkel.

Tentu harganya beragam, tergantung bengkel dan komponen apa yang harus diganti. Namun sebagai gambaran, di Toba Motor yang ada di Depok, Jawa Barat, biaya paling murah Rp 125 ribu hingga Rp 225 ribu.

"Kalau di sini biaya bongkarnya Rp 60 ribu. Sementara biaya lain tergantung komponen apa yang rusak. Apa itu v-beltnya atau kampas koplingnya," ujar Barasa, mekanik Toba Motor, kepada Liputan6.com, Rabu (5/10/2016).

Memang, Barasa menjelaskan, v-belt dan kampas kopling adalah dua komponen utama penyebab motor bergetar di rpm bawah.

V-belt yang sudah kendur atau melar, misalnya, adalah sumber getaran yang bisa terasa hingga tangan. Sementara kalau kampas kopling ganda sudah aus, maka yang terjadi adalah motor seperti loncat pada tarikan awal.

Barasa menjelaskan, mengganti v-belt sebaiknya satu paket dengan roller. "Kalau v-belt saja harganya kira-kira Rp 115 ribu, kalau satu set sama roller jadi Rp 155 ribu sampai 165 ribu," terangnya.

Sementara untuk mengganti kampas kopling, biaya yang dibutuhkan sekira Rp 130an ribu. "Harga itu untuk komponen asli. Kalau bukan (produk asli), harganya Rp 65 ribu, ini untuk Honda Beat," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.