Sukses

Resmikan Kustomfest 2016, Sultan Yogyakarta Tunggangi `Kebo Bule`

Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan acara Kustomfest 2016. Di kesempatan itu ia menjajal motor `Kebo Bule`.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan acara Kustomfest 2016 di Jogja Expo Center Hall, Yogyakarta, hari ini (8/10/2016). Sri Sultan, bersama dengan sejumlah staf keraton, begitu mengapresiasi acara ini.

Seremoni khusus yang menandakan dibukanya ajang modifikasi ini adalah pembukaan selubung `Kebo Bule`, motor chopper modifikasi yang akan diundi untuk pengunjung yang beruntung. Pembukaan selubung juga dilakukan oleh sang Sultan.

Punggawa Retro Classic Cycles sekaligus Director Kustomfest, Lulut Wahyudi, mengatakan bahwa Kebo Bule ini dirancang dengan inspirasi dari kereta Paksi Naga Liman, yang kemudian diaplikasikan ke dalam sosok motor kustom berbasis American Traditional Old School Chopper dengan nuansa motif Cirebon.

Kereta Paksi Naga Limandi Kesultanan Kanoman dibuat pada 1350 Saka atau 1428 Masehi oleh Pangeran Losari, yang menjadi kereta kebesaran Sunan Gunung Jati Cirebon.

Setiap detail mulai dari konstruksi frame, pemilihan setang dan posisi mengendarainya telah dirancang sedemikian rupa agar Kebo Bule ini memunculkan kesan glamour serta menonjolkan paduan kuat antara art dan engineering.

Disebutkan, proses pengerjaan Kebo Bule memakan waktu sebulan. Painter muda bernama Titah Argayoga dari Retro Syndicate Kustom Paint dipercaya untuk memberikan goresan magisnya pada tubuh Kebo Bule.

Bukan hanya membuka selubung, Sultan juga menggeber sepeda motor unik ini secara langsung dalam beberapa detik. Wajah Sultan terlihat terpukau saat melakukan itu. Sultan juga memberikan tanda tangannya di bagian tangki bensin. Berikut detik-detik Sultan menggeber Kebo Bule itu:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini