Sukses

Yuk Ikutan Lelang Mobil dan Motor di Senayan

Pesta Lelang IBID 2016 yang berlangsung 8-9 Oktober 2016 di Parkir Timur Senayan, Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Beli mobil atau motor bekas melalui showroom ataupun iklan baris sudah biasa. Kalau ingin cara yang berbeda, Anda bisa menyambangi Pesta Lelang IBID 2016 yang berlangsung 8-9 Oktober 2016 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Di sini terdapat ratusan mobil dan sepeda motor berbagai merek, model dan tipe yang dilelang dengan banderol yang variatif.

Daddy Doxa Manurung Chief Operation Officer PT Balai Lelang Serasi mengatakan, acara ini untuk mensosialisasikan ataupun mengedukasi masyarakat tentang lelang. Menurutnya, banyak masyarakat yang belum paham mengenai bisnis lelang

"Ini merupakan acara besar pertama kami untuk festival lelang. Kami ingin menunjukan ada satu cara untuk membeli barang, yaitu dengan lelang. Tidak cuma otomotif saja seperti mobil dan sepeda motor, tapi juga ada komputer dan alat berat," terangnya saat dijumpai di lokasi acara, Sabtu (8/10/2016).

Acara lelang sendiri baru dilakukan Minggu (9 Oktober 2016), hari ini merupakan open house di mana pengunjung bisa mengecek langsung kondisi kendaraan beserta surat-suratnya. Dalam prosesnya nanti, penawaran lelang berkelipatan Rp 500 ribu untuk mobil dan Rp 100 ribu untuk motor.

"Prinsip sistem lelang itu kan siapa yang memberikan penawaran tertinggi. Kami hanya berikan harga dasar yang menarik, jauh di bawah market. Kalau lagi beruntung tidak banyak yang nawar bisa dapat harga yang jauh di bawah market," kata Daddy.

Tercatat ada 261 mobil dan 150 sepeda motor yang masuk daftar lelang. Tahun perakitannya beragam, untuk mobil paling tua keluaran 1995 dan paling muda lansiran 2016. Sementara motor paling lawas 2010 dan paling muda 2016.

Sebagai informasi, setiap calon peserta lelang dikenakan biaya untuk mendapatkan Nomor Peserta Lelang (NPL). Untuk satu NPL mobil dikenakan Rp 5 juta per unit, sedangkan motor Rp 1 juta per unit. Jika ingin beli lebih dari satu atau dalam jumlah tak terbatas dikenakan Rp 25 juta.

"Kalau tidak menang uang akan dikembalikan. Kalau menang harga yang disepakati dipotong uang NPL," tutup Daddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.