Sukses

Jangan Poles Lapisan Krom, Kenapa?

Lapisan kimia bisa memudarkan kilau dan pada akhirnya akan merusak lapisan krom.

Liputan6.com, Jakarta - Pada umumnya orang berpikiran untuk menjaga kilap pada panel bodi bisa dengan cara dipoles. Namun demikian, kondisi ini malah jadi pantangan utama pada panel krom.

Yanto Her, pemilik bengkel krom Cahaya Mutiara 2 menjelaskan lapisan krom bisa habis apabila terkena wax yang jadi bahan utama poles bodi. Dampak apabila panel krom sengaja dipoles beragam, mulai dari warna yang memudar sampai lapisan yang rusak.

"Nggak boleh sama sekali karena bisa mengikis. (Secara) Teori, yang namanya wax ada unsur kimia yang bisa menggerogoti bagian dan lama-lama habis," jelas pria yang membuka usahanya di Jl. Raya Bekasi Timur No. 163, Jakarta Timur ini kepada Liputan6.com.

Selain produk poles bodi, pantangan lainnya menurut Yanto yang harus dihindari untuk perawatan lapisan krom yaitu bedak. Banyak yang menyebut bila bedak bisa menjaga kilau krom. Padahal, katanya bedak justru membuat warna krom rusak. 

"Bedak itu mengandung bahan kimia yang nantinya membuat kuning (lapisan krom)," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini