Sukses

Mobil Kecil Renault Tantang Datsun Go `Cs`, Ini Sosoknya

Bedanya, bila Agya, Alya, Karimun, dan Datsun Go berjenis city car, Renault yang akan membawa KWID yang dilahirkan sebagai sebuah crossover.

Liputan6.com, Jakarta Pasar mobil kecil bermesin 1 liter bakal semarak. Bila sebelumnya cuma ada mobil LCGC yang diisi, Agya, Alya, Karimum, dan Datsun Go, kini pabrikan asal Prancis coba peruntungan di mobil bermesin tiga silinder.

Bedanya, bila Agya, Alya, Karimun, dan Datsun Go berjenis city car, Renault yang akan membawa KWID yang dilahirkan sebagai sebuah crossover.

Tentu saja, langkah ini membuat pasar mobil bermesin kecil dalam negeri kian menarik. Terlebih ini bisa jadi formulasi yang baik bagi Renault untuk membangun citra produk mereka ke konsumen dalam negeri. 

Berdasarkan informasi dari TPT Kemenperin, PT Indomobil Wahana Trada telah mengajukan sebuah model Renault KWID RxT 1.0 SCE (4x2) M/T pada 10 Oktober lalu. Sejauh ini, statusnya masih dalam proses.

Liputan6.com berusaha menghubungi pihak terkait untuk mengklarifikasi informasi tersebut. "Rencananya begitu. Saya belum bisa berkomentar untuk yang lainnya," kata Ario Soerjo, Sales and Marketing Division Head PT Auto Euro Indonesia.

Mengacu pada versi Renault KWID yang diniagakan di India mobil mengandalkan mesin berkubikasi 999 cc, tiga silinder, 12 katup, yang menjanjikan tenaga 67 Tk pada 5.500 rpm dan torsi 91 Nm pada 4.250. Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan.

Dimensinya mirip-mirip dengan LCGC garapan Toyota-Daihatsu. Renault KWID panjangnya 3.679 mm, sementara Agya 3.600 mm.

Lebih lanjut, lebar Renault KWID capai 1.579 mm dengan tinggi 1.478 mm. Sebagai crossover, mobil murah Prancis ini punya tinggi ground clearance sebesar 180 mm, atau lebih rendah 5 mm dibandingkan Nissan Grand Livina X-Gear.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini