Sukses

Terungkap Penyebab Buruknya Performa Vettel di Suzuka

Pemakaian ban dengan kompon soft tidak bertahan lama.

Liputan6.com, Tokyo - Ferrari menjadi kubu yang kurang mujur saat balapan di GP Suzuka, Jepang, akhir pekan lalu. Tim berlogo kuda jingkrak ini salah strategi sehingga membuat gagal podium.

Padahal dari sisi teknis, Ferrari cukup jumawa selama sesi kualifikasi. Ini terbukti saat Sebastian Vettel memulai balap dari posisi ketiga, di depan Lewis Hamilton.

Melempemnya performa duet pembalap Ferrari di Jepang menurut para rivalnya karena kesalahan pemilihan ban saat balapan. Christian Horner selaku Kepala Tim Red Bull melihat pemilihan ban dengan kompon soft membuat Vettel kurang kompetitif.

"Kecepatan Ferrari di akhir pekan bisa dibilang cukup cepat dan lebih baik dibanding kami. Benar-benar mengejutkan Sebastian memilih ban soft ketika posisinya cukup kuat bersama Max Verstappen, dengan 19 putaran tersisa," kata Horner sebagaimana dikutip Motorsport.

Horner menilai dengan posisinya yang relatif aman maka Vettel lebih baik memakai ban dengan kompon hard untuk jangka panjang. Pemakaian ban dengan kompon soft di Suzuka akhir pekan lalu sebagaimana yang dilakukan Ferrari memang bertujuan agar lebih kompetitif namun tidak bisa bertahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini