Sukses

BMW 5 Series Generasi Ketujuh Resmi Dirilis

BMW resmi memperkenalkan generasi ketujuh BMW 5 Series di kantor pusat mereka di Munich, Jerman.

Liputan6.com, Muhich - BMW resmi memperkenalkan generasi ketujuh BMW 5 Series di kantor pusat mereka di Munich, Jerman. Beragam perubahan terjadi pada mobil mid-size luxury yang pertama kali diperkenalkan pada 1972 ini.

Perubahan yang jelas terlihat tentu di bagian eksterior. Di sini, diketahui bahwa BMW 5 Series teleh menggunakan headlamp LED baru yang terintegrasi dengan grill khas BMW yang disebut dengan double kidney.

Dibanding 5 Series yang ada sekarang, permukaan mobil ini lebih kompleks. BMW 5 Series Project Manager, Wolfgang HAcker, mengatakan bahwa mereka memang fokus di bagian ini. "Tidak ada detail pada mobil ini yang berada di level yang sama dengan pendahulunya," ujarnya, dikutip dari autoexpress, Kamis (13/10/2016).

BMW 5 Series juga dibangun dengan sasis baru, yang telah lebih dulu digunakan untuk membangun 7 Series. Bedanya, sasis 7 Series menggunakan inti karbon fiber, sementara 5 Series memakai bahan aluminium yang juga sama-sama ringan.

5 Series dilengkapi dengan dua varian mesin bensin, mesin turbo 4 silinder bertenaga 251 Tk dan mesin turbo enam silinder bertenaga 340 Tk. Tersedia pula mesin Diesel 3,0 liter yang hasilkan tenaga 265 Tk.

Patut dicatat, pada 5 Series ini BMW untuk pertama kalinya menggunakan mesin plug in hybrid. Mobil ini mengkombinasikan mesin bensin 2,0 liter empat silinder, serta motor listrik, yang keluarkan total tenaga 252 Tk dan torsi 420 Nm.

Inspirasi 7 Series juga terdapat pada interior, terutama di dashboard. Di sini terdapat konsol dengan desain baru, dengan layar sentuh 10,25 inci. Di dalamnya terdapat aplikasi Apple CarPlay serta dapat dikontrol lewat roda kemudi.

BMW 5 Series akan dijual di Inggris mulai Februari nanti, dengan kisaran harga 33 ribu pound sterling atau setara Rp 525,16 juta.

Di Indonesia, BMW 5 Series hadir dalam tiga tipe, 520i Luxury, 528i Luxury, dan 520d Luxury. 520i Luxury adalah model termurah, harganya Rp 909 juta, sementara 528i Luxury paling mahal, yaitu mencapai Rp 1,03 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.