Sukses

Unik, Honda Bikin Mobil Listrik Pakai Printer 3D

Honda kembali berinovasi dengan menciptakan mobil listrik kecil bernama Hato Sable. Mobil ini akan dipakai untuk mengantarkan kue.

Liputan6.com, Tokyo - Honda kembali berinovasi dengan menciptakan mobil listrik kecil bernama Hato Sable. Mobil ini diperkenalkan di Combined Exhibition of Advanced Technologies (Ceatec) Japan 2016, awal Oktober lalu.

Mobil ini memang cukup inovatif. Sebagaimana dilaporkan Top Gear, ini adalah salah satu produk terbesar yang dibuat di Jepang menggunakan teknologi printer 3D. Dalam pembuatannya Honda juga bekerja sama dengan Kabuku Inc,.

Printer 3D sendiri sebetulnya bukanlah hal baru di industri otomotif, meski memang belum jadi hal yang umum. Tahun lalu misalnya, printer 3D digunakan untuk membangun supercar yang tenaganya mencapai 700 Tk.

Mobil yang hanya muat satu orang namun bisa mengangkut beberapa boks ini dibangun dengan sasis yang terbuat dari rangka pipa kaku namun ringan. Printer 3D dipakai untuk mencetak panel eksterior dan ruang bagasi.

Secara keseluruhan, bobot Hato Sable `hanya` 600 kg. Sebagai pembanding saja, bobot kosong MPV sekelas Toyota Avanza bisa mencapai 1.060 kg. Hato Sable punya panjang 2,5 m, lebar 1,2 meter , dan tinggi 1,5 meter.

Mobil ini dilengkapi dengan motor listrik bertenaga setara 15 Tk dan bisa melakukan perjalanan hingga 80 km dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. Teknologi yang sama telah digunakan pada mobil listrik bernama MC- β ultra compact.

Mobil listrik ini tidak akan diproduksi massal. Honda hanya membuatnya khusus untuk Toshimaya, perusahaan pembuat kue. Rencananya mobil ini akan dibuat untuk mengantarkan kue tersebut ke para pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Honda