Sukses

Dodge Challenger Dapat Standar Aman

Perlindungan maksimal bagi penumpang Challenger berasal dari struktur bodi dan airbag.

Liputan6.com, California - Dodge menebus berbagai poin minus pada Challenger saat uji keselamatan yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) beberapa waktu lalu. Muscle car ini berhasil meraih nilai sempurna lima bintang pada tes tabrak tiang dan tabrakan dengan mobil lain pada kecepatan 51 km/jam dan 100 km/jam.

Pengujian oleh NHTSA juga mencakup tabrakan samping di mana struktur bodi Challenger berbahan baja berikut side impact beam memiliki kekuatan tinggi menahan benturan. Lebih lanjut, merek dengan logo kepala kambing tersebut juga menyediakan fitur airbag di seluruh tipenya.

"Ini membuktikan Dodge Challenger 2017 jauh lebih baik dari sebuah mobil yang jual tampang. Ini mencerminkan komitmen kami memberikan keselamatan penumpang biasa di setiap segmen kendaraan," ucap Mike Dahl, Kepala Urusan Regulasi dan Keselamatan Kendaraan FCA Amerika Utara sebagaimana dikutip Carscoops.

Airbag pada muscle car ini terdapat pada seluruh sisi kabin, mulai dari depan, airbag samping berikut side curtain belakang. Selain itu, Challenger juga telah didukung beberapa fitur keselamatan terbaru yakni forward collision warning (FCW), blind-spot monitoring (BSM), dan rear cross path detection (RCP).

Pada uji tabrakan yang dilakukan oleh Institute for Highway Safety di Amerika Serikat Mei lalu Dodge Challenger hanya memperoleh peringkat marginal, alias posisi terbawah dibanding Ford Mustang dan Chevrolet Camaro. Saat itu tim penguji melihat Challenger memiliki ruang pengemudi yang terbatas. Ini membuat risiko cedera pengemudi lebih serius pada bagian kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini