Sukses

Menantang Arus Kuat, Renault KWID Cari Celah Pasar LCGC

Renault Indonesia akan meluncurkan mobil murah lima jok bernama Renault KWID.

Liputan6.com, Jakarta - Renault Indonesia akan meluncurkan mobil murah bernama Renault KWID ke pasar dalam negeri. Harganya relatif murah, hanya Rp 117 juta.

Tentu, dengan harga seperti itu, mobil ini bakal bersaing ketat dengan mobil LCGC lima penumpang seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Karimun Wagon R, Honda Brio Satya, dan Datsun GO. Konsumen akan semakin punya banyak pilihan.

Namun pertanyaanya, sebetulnya bagaimana pasar yang coba dimasuki oleh KWID ini? Jika dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan LCGC lima penumpang mengalami kenaikan.

Dari Januari hingga Agustus 2016, penjualan di segmen ini mencatatkan angka sebesar 98.094 unit. Sementara di periode pertama di tahun sebelumnya hanya 91.882 unit, atau naik sekira 6,7 persen.

Dari lima model yang berpartisipasi, Toyota Agya yang mendominasi pasar ini. Hingga Agustus lalu penjualannya mencapai angka 33.408 unit. Meski demikian angka ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu yang mencapai 37.142 unit.

Sementara di posisi kedua ada Daihatsu Ayla yang jumlahnya mencapai 29.975 unit, lalu di posisi ketiga ada Honda Brio Satya yang terjual sebanyak 20.308 unit.

Jika dilihat dari harga, potensi penjualan Renault KWID cukup besar. Sebagai gambaran, Agya E MT yang jadi varian termurah harganya Rp 114,5 juta, sementara harga termahalnya Rp 137 juta untuk Agya TRD S AT.

Adapun, saudaranya, Daihatsu Ayla paling murah dibanderol Rp 88 juta (D MT MI) dan tipe teratas Airbag X AT MI dipatok Rp 125 juta. Sedangkan Datsun Go Rp 105 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini