Sukses

Solusi Otomotif: Gejala Mati Hidup Mesin Avanza, Kenapa Ya?

Avanza tahun 2012 tipe G manual mengalami hal yang tidak biasa saat jalan kok bisa mati sendiri lalu mesin bisa hidup kembali. Kenapa?

"Terimakasih sebelumnya, mobil saya Avanza tahun 2012 tipe G manual. Kemarin mobil saya mengalami hal yang tidak biasa sementara jalan kok bisa mati sendiri mesinnya lalu hidup kembali. Saya sudah periksa ke bengkel resmi Toyota, katanya pengaruh dari variasi mobil. Kok bisa? Mohon penjelasannya" -Aan-

Liputan6.com, Jakarta Dear Pak Aan di Palu (Sulteng),

Mobil Avanza tahun 2012 tipe G manual mengalami hal yang tidak biasa saat jalan kok bisa mati sendiri lalu mesin bisa hidup kembali.

Keluhan Pak Aan ini termasuk keluhan yang membutuhkan pembahasan yang luas (panjang x luas) Hehehe... Saya membutuhkan informasi yang lebih banyak misalkan, saat terjadi mesin mati dan hidup sendiri kondisi kendaraan Avanza bagaimana:
- Mesin dalam kondisi dingin atau panas.
- Saat jalan kecepatannya berapa. 
- Kondisi jalannya halus atau bergelombang, jalan yang rusak.
- Cuaca saat terjadi hujan, cerah, siang atau malam.

Saya coba membantu menjelaskan kemungkinan sebab terjadinya mesin mati dan hidup sendiri pada Avanza Pak Aan. Yang menyebabkan mesin bisa mati sendiri ada beberapa komponen : 
1. Sistem pengapian
2. Sistem bahan bakar 
3. Sistem kelistrikan mobil 
4. Sistem aksesori tambahan (sound system, alarm dll)

Bagian bagian 1,2,3, dan 4 seperti di atas harus dilakukan pemeriksaan lebih detil dan teliti karena sistem tersebut dapat menyebabkan mesin mati sendiri dan juga bisa menyebabkan mesin hidup sendiri.

Berdasarkan keterangan Pak Aan yang cukup singkat tersebut analisa kemungkinan penyebabnya adalah terjadi hubungan listrik (kabel) yang kendor pada salah satu komponen mesin Avanza tersebut.

Semoga jawaban saya bisa membantu Pak Aan menganalisa dan menemukan problem pada Avanzanya. 

Terima Kasih

H Agus Mustafa

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa sejumlah prestasi di antaranya:
- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest; dan
- Jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini