Sukses

Inilah Mobil Favorit Pilihan Pembaca Liputan6.com Tahun Ini (3)

Berikut adalah hasil polling otomotif Liputan6.com untuk menyaring mobil favorit pembaca Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Kalangan muda biasanya menjatuhkan pilihan mobil dengan memperhatikan sisi desain atau performa. Maka, tidak heran bila mobil sport dan hatchback paling menggoda.

Hatchback

Sepanjang tahun ini telah ada empat model hatchback berbeda yang meluncur di Indonesia. Mereknya pun beragam dan cukup merata, tidak hanya bikinan pabrikan Jepang.

Kami memilih seluruh model tersebut menjadi nominasi mobil terbaik pilihan pembaca, dengan opsi Hyundai i20, Mitsubishi Mirage, Honda Brio RS, dan VW Polo.

Dua kontestan terakhir bersaing ketat menjadi hatchback terbaik dim ana Honda Brio unggul tipis dengan 39 persen atau 365 pemilih, sedangkan VW Polo 31 persen atau 294 suara. Total responden yang ikut serta dalam jajak pendapat di segmen ini sebanyak 944 peserta.

Brio berhasil mengungguli tiga merek lainnya di segmen ini dari banyak faktor, termasuk di antaranya dari sisi harga maupun fitur. Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek telah melepas Brio RS sebanyak 7.173 unit sampai dengan akhir September lalu.

Pada generasi terbaru, tenaga yang dihasilkan mesin Brio meningkat 2 Tk meskipun kapasitasnya sama. Mesin i-VTEC 1,2 liter di atas kertas menghasilkan tenaga 89 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Supercar

Polling mobil favorit yang diselenggarakan Liputan6.com juga menyuguhkan nominasi dari segmen supercar beratap terbuka alias spider yang ada di Indonesia. Lima model 'jet darat' terpilih menjadi nominasi mobil favorit, antara lain Mercedes-Benz SLC, Ferrari 488 Spider, McLaren 570S, Aston Martin DB11 dan Porsche 911 Carrera.

Dari nominasi yang ada, Ferrari 488 Spider mendulang paling banyak suara dengan 182 pemilih (26 persen). Total responden yang ikut serta di kelasnya para raja ini sebanyak 687 pemilih.

Dari kontestan yang ada, 488 Spider menjadi mobil paling gress sepanjang tahun ini yang masuk Indonesia, lebih tepatnya meluncur pada akhir September. Supercar ini melengkapi versi 488 GTB yang meluncur tahun lalu untuk memenuhi kebutuhan lifestyle para penggunanya.

Pabrikan asal Maranello, Italia, tersebut menggunakan jenis retractable hard top pada 488 Spider, yang pertama kali di mobil Ferrari. Atap convertible ini lebih ringan dan proses membuka tutup atap ini hanya 14 detik dan bisa dilakukan saat mobil melaju di kecepatan 45 km/jam.

Mesin yang digunakan masih sama dengan 488 GTB, V8 berkubikasi 3902 cc dengan output 660 tk dengan torsi maksimal 760 Nm pada 3.000 rpm. Performa 488 Spider sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3 detik dan 0-200 km/jam dalam 8,7 detik.

Ferrari 488 Spider memakai exhaust headers dengan pipa-pipa yang lebih panjang dan berukuran sama serta crankshaft yang datar.

Kubu kuda jingkrak melakukan studi terhadap harmonisasi dan nada pada kecepatan mesin yang berbeda sehingga tidak mengganggu saat atap dibuka. Volume suaranya akan meningkat ketika mesin secara instan merespons pedal gas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.