Sukses

Pirelli Gagal Temukan Racikan Ban Terbaik

Rosberg yang bertugas menguji coba harus berganti ban menyesuaikan kondisi cuaca.

Liputan6.com, Barcelona - Pirelli bersama tim Mercedes AMG F1 pada Rabu lalu melakukan uji perdana ban untuk musim depan. Skuad asal Jerman ini diminta membantu Pirelli dalam pengembangan senyawa ban yang digunakan balap musim 2017.

Mercedes menjadwalkan dua hari pengujian di Sirkuit Catalunya. Namun demikian, pengujian rupanya tidak berjalan mulus di hari pertama karena cuaca buruk di salah satu sirkuit terbesar Spanyol itu.

Nico Rosberg selaku penguji telah menyelesaikan 60 putaran, di mana 46 putaran ia lakukan pada pagi hari. Memacu Mercedes-Benz W06, Rosberg harus menghadapi suhu dingin pada pagi dan hujan di sore hari, demikian dikutip Motorsport.

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat pabrikan ban asal Italia ini kesulitan memperoleh data yang representatif seperti yang mereka harapkan. Bagaimana tidak, pemuncak klasemen Formula 1 di musim ini harus bergonta-ganti kompon ban menyesuaikan cuaca.

Rosberg memakai ban tipe slick pada sesi pagi, namun terpaksa harus berganti dengan ban basah di sore hari untuk menyelesaikan 14 putaran tersisa di bawah guyuran hujan. Pengujian ini dilanjutkan pada hari kedua dengan Lewis Hamilton sebagai pembalap yang menyiksa ban baru Pirelli itu untuk pertama kalinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini