Sukses

Kampas Rem Cepat Habis, Cek Bagian Ini

Beberapa kondisi tertentu bisa membuat rem tromol lebih mudah aus.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pakai kampas rem tromol umumnya sekira satu tahunan. Namun demikian, beberapa kondisi tertentu membuatnya lebih mudah haus. Baru tiga atau empat bulan misalnya, kampas sudah harus diganti.

Hal ini ternyata dapat terjadi karena tromolnya itu sendiri sudah haus, bukan karena kualitas kampas rem yang buruk, atau tidak asli.

"Kalau kampas motor sering cepat habis kemungkinan tromolnya sudah haus atau tipis. Biasa kampas setahun kan bisa, ini baru berapa bulan sudah haus," ujar Soleh, mekanik Flamboyan Motor di Jalan Raya Bogor Km 46, Senin (17/10/2016).

Untuk diketahui, apa yang dimaksud dengan tromol adalah ruang yang terletak di bagian dalam velg. Tromol ini akan bergesekan dengan kampas rem dan menghentikan laju sepeda motor ketika tuas rem belakang diinjak.

Ada beberapa sebab mengapa tromolnya sendiri bisa rusak. Menurut Soleh, satu sebabnya adalah karena penggunaan kampas rem yang jelek. "Kampas rem tidak asli justru menggerus tromolnya," tambah pria paruh baya ini.

Bisa juga karena kotoran sudah banyak masuk ke komponen ini. Dengan banyaknya kotoran, maka akan muncul gesekan yang membuat tromol dan kampas juga cepat aus.

Maka dari itu, Soleh menyarankan agar menggunakan kampas rem yang asli. "Atau membersihkan tromolnya dulu sebelum ganti kampas rem," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini