Sukses

Hilangkan Gejala Magel di Rem Depan, Ini Caranya

Salah satu masalah yang kerap `menimpa` komponen ini adalah keras, sulit dicengkeram, atau bahasa bengkelnya disebut magel.

Liputan6.com, Depok - Rem adalah komponen penting dalam semua kendaraan, termasuk sepeda motor. Fungsinya yang mampu mengurangi kecepatan kendaraan membuat kondisi komponen ini harus tetap prima.
 
Salah satu masalah yang kerap `menimpa` komponen ini adalah keras, sulit dicengkeram, atau bahasa bengkelnya disebut magel. 

 
Masalahnya, sering kali hal ini terjadi di waktu-waktu yang tidak tepat, atau mepet. Untungnya, ada satu solusi pintas yang bisa membuatnya kembali normal dalam waktu singkat, dan hanya butuh beberapa alat saja. 
 
"Solusi pintasnya dikasih oli saja atau tidak gemuk di piston master rem atas," ujar Soleh, mekanik Flamboyan Motor yang terletak di Jalan Raya Bogor Km. 46, kepada Liputan6.com, Senin (17/10/2016). 
 
Menurut Soleh, salah satu penyebab masalah ini adalah karena piston master rem atas sudah kering atau kotor. Pemberian gemuk atau oli bekas bertujuan untuk membersihkan komponen ini kembali dan membuatnya jadi basah lagi. 
 
Namun demikian patut digarisbawahi bahwa solusi pintas ini hanya efektif dalam beberapa hari saja. "Paling tahan paling lama seminggu," tambah Soleh. 
 
Untuk membuat masalah ini hilang sama sekali, maka solusi satu-satunya adalah dengan mengganti master rem atas. Harga komponen ini tergantung merek, namun umumnya berkisar di angka Rp 60an ribu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini