Sukses

Negara Ini Kasih Subsidi ke Warga yang Mau Beli Motor Listrik

Pemerintah Inggris memberi insentif besar kepada warganya yang ingin membeli motor listrik serta membebaskan dari pajak kendaraan.

Liputan6.com, London - Pemerintah di negara Eropa telah memberlakukan insentif kepada mobil listrik, namun tidak demikian dengan sepeda motor. Untuk mendorong beralihnya masyarakat ke kendaraan ramah lingkungan, pemerintah Inggris menyediakan potongan sebesar 1.500 Pound Sterling (Rp 23,96 jutaan) atau 20 persen dari harga sepeda motor listrik.

Subsidi ini akan tersedia untuk motor listrik atau skuter dengan kriteria baterai yang digaransi pabrikan selama lima tahun. Selain itu, motor juga tidak dikenai 'denda' kemacetan seperti halnya mobil.

"Ini membuka gerbang transportasi bebas emisi untuk orang-orang yang belum mampu membeli mobil listrik, yang cenderung menjadi pilihan gaya hidup. Sepeda motor dan skuter adalah bentuk transportasi berbasis listrik yang sangat diakses dan secara signifikan mengurangi kemacetan," ucap CEO Motorcycle Industry Association (MCIA), Steve Kenward sebagaimana dikutip Autoevolution.

Sepeda motor bakal menjadi primadona baru kendaraan pribadi di Inggris karena tidak dikenai pajak kendaraan oleh pemerintah. Selain itu, ongkos parkir jauh lebih murah dan bahkan di beberapa tempat bebas biaya.

Dari sisi kepraktisan, kedua jenis kendaraan ini menawarkan kelincahan membelah kemacetan yang sama baiknya. Sedangkan biaya untuk pengisian tenaga antara sepeda motor konvensional dengan yang bertenaga listrik sepadan.

"Pengendara dapat menerabas kemacetan, bisa menggunakan jalur bus, sehingga lebih cepat mencapai tujuan akhir mereka. Memangkas waktu perjalanan," lanjut Kenward.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini