Sukses

Honda Bangun Pabrik Lagi di Tiongkok

Honda Motor berencana membangun pabrik baru di Tiongkok. Bersama Dongfeng, mereka telah memiliki dua pabrik.

Liputan6.com, Wuhan - Honda Motor berencana membangun pabrik baru di Tiongkok. Pabrik ini diproyeksikan akan mulai memproduksi mobil penumpang pada 2019, dan akan meningkatkan kapasitas produksi di negara itu sekira 20 persen.

Dilaporkan Reuters, Honda dan mitra lokalnya, Dongfeng, membangun pabrik baru untuk mengantisipasi pertumbuhan di Tiongkok. Bahkan untuk saat ini saja penjualan mereka sudah naik hingga 48 persen, berkat popularitas model XR-V dan Civic.

Sementara dua pabrik yang ada saat ini telah hampir mendekati batas produksi. Kapasitas tahunan maksimal yang bisa dihasilkan kedua pabrik ini adalah 480 ribu unit, sementara penjualan tahun ini diprediksi mencapai 450 ribu unit.

Adapun total penjualan Honda di Negeri Tirai Bambu itu tahun lalu mencapai 1,01 juta unit. Sementara di tahun ini mereka menargetkan angka 1,07 juta unit.

Pabrik yang berlokasi di Wuhan, Tiongkok tengah ini di tahap awal akan memproduksi 120 ribu mobil per tahun, dengan kapasitas maksimal dua kali lipatnya. Demikian sumber internal perusahaan yang tak mau disebut namanya menginformasikan.

Tidak dijelaskan berapa nilai investasi pabrik baru ini. Namun laman Nikkei Asia mengatakan usaha ini menghabiskan hingga "ratusan juta dolar".

Total, sampai saat ini Honda punya tujuh pabrik di Tiongkok. Beberapa pabrik lain adalah milik Honda dan mitra lokal lain seperti GAC Group. Pabrikan mobil asal Jepang ini juga punya pabrik khusus untuk kebutuhan ekspor. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini