Sukses

Usir Karat, Pakai Saja Minuman Ringan Bersoda

Karat bisa dihilangkan dengan cairan penetran atau soda dari minuman ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat sepeda motor tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk menjauhkan karat, Anda bisa memanfaatkan bahan sederhana yang tetap aman untuk motor kesayangan.

Joddy Ario, selaku pemilik bengkel JDM Project di Jatiwaringin, Jakarta Timur, menuturkan, bahan pengusir karat paling ampuh adalah kola atau soda. Namun demikian, pemakaian soda terbatas pada bagian tertentu saja.

"Kola atau soda bisa membantu, alternatif murah meriah menghilangkan korosi di logam. Tapi itu buat ke baut-baut saja, karena umur," tutur Joddy pada Liputan6.com belum lama ini.

Proses membersihkannya, yaitu baut motor yang berkarat dilepas terlebih dahulu kemudian dicuci dengan air soda. Setelah itu, Joddy menuturkan proses dilanjutkan dengan finishing, yakni mencuci pakai sabun untuk membersihkan sisa soda.

Pria berkacamata ini juga menyarankan cairan lain untuk mencegah atau mengurangi karat di sela-sela bagian rangka. "Kalau di arm dan sejenisnya pakai penetran seperti WD40," tutur pria yang telah membuka bengkel selama 11 tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini