Sukses

Kata Siapa Mesin Kecil Lebih Ramah Lingkungan?

Ada penelitian yang menyebutkan mesin berkapasitas kecil ternyata emisinya bisa 15 kali lipat dari mesin yang lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta Tren downsizing tampaknya tidak berumur panjang. Ada penelitian yang menyebutkan mesin berkapasitas kecil ternyata emisinya bisa 15 kali lipat dari mesin yang lebih besar.

Trend yang ada saat ini adalah, mesin tiga silinder yang dipasangkan turbocharger. Atau kalaupun empat silinder, kapasitasnya paling hanya 1,2 liter. Contoh paling mutakhir adalah Honda Civic yang dbekali mesin 4-silinder 1,5 liter dengan imbuhan turbocharger.



Tidak cuma satu pabrikan saja yang beranggapan demikian. Merek sepertiMercedes-Benz bahkan tidak akan ikut tren itu dan tetap menggunakan mesin yang sudah ada.

Karena itulah, para pabrikan raksasa langsung mengambil langkah untuk memperbaiki performa konsumsi BBM dan emisi gas buang mobil-mobil mereka. Tercatat Renault, General Motors, dan (tentu saja) VW, berencana untuk menghentikan penggunaan mesin kecil di produk mereka yang akan datang. Baik yang berbahan bakar bensin maupun diesel. Selengkapnya ada di tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.