Sukses

Ini yang Jadi Kunci Fernando Alonso di Musim Depan

Fernando Alonso, pembalap McLaren, mengatakan bahwa kunci keberhasilan aturan baru yang diterapkan di F1 tahun depan adalah ban yang baik.

Liputan6.com, Austin - Fernando Alonso, pembalap dari tim McLaren, mengatakan bahwa kunci keberhasilan apapun aturan baru yang diterapkan di Formula 1 tahun depan adalah karakter ban yang disediakan oleh Pirelli.

Hal ini ia utarakan setelah sejumlah pembalap menjajal mobil balap untuk tahun depan melalui simulator. Kebanyakan dari mereka senang. Mereka mengaku kecepatan jet darat bertambah berkat peningkatan downforce dan grip.

Tapi tidak demikian dengan Alonso. Ia justru menilai peningkatan tersebut akan percuma selama ban tidak maksimal, misalnya terlalu cepat aus.

"Jelas mobil lebih cepat. Lebih banyak grip karena peningkatan aerodinamika, berasal dari ban, tapi saat itu semua hanya dugaan -terutama dengan ban. Tim kami bahkan tidak mencoba bannya," ujarnya, dikutip dari motorsport.com.

Karena tidak menjajal ban secara nyata itulah, menurutnya pembalap tidak boleh senang dulu. Bagian penting itu justru masih jadi tanda tanya.

Secara tidak langsung Alonso juga mengkritik keandalan ban yang disediakan Pirelli. Menurutnya ban mereka harus lebih mampu menjawab tantangan pembalap.

"Anda menggunakan ban supersoft, dengan lima kilo bensin dan kamu pergi ke sana. Pada sektor pertama perasaannya fantastis. Tapi kemudian di lap kedua, Anda lebih lambat tiga detik -dan itulah yang kami tidak suka," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini