Sukses

Di Sumut, Motor Sport dan Matik Baru Populer

Di Sumatera Utara, motor matik dan sport baru naik daun, menggantikan bebek.

Liputan6.com, Medan - Motor matik sudah menjadi segmen yang paling populer sejak 10 tahun terakhir. Namun di Sumatera Utara, ini adalah tren baru.

Hal ini diungkapkan oleh Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Co, main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Menurutnya, motor matik mulai populer dua atau tiga tahun lalu, serta menggeser popularitas bebek.

"Tren penggunaan motor di Sumut bergeser dari bebek ke matik. Dua atau tiga tahun lalu," ujarnya kepada Liputan6.com, di sela Honda Bikers Day (HBD) Regional 2016, di Sibisa Runawai Parapat, Medan, Sabtu (22/10).

Menurutnya, hal ini disebabkan karena matik lebih sederhana dalam penggunaannya. Meski, misalnya, jalanan di Sumut kurang cocok bagi karakter matik.

Ia mencontohkan, di main dealernya, motor yang paling banyak diminati adalah Honda Vario. "Vario terjual 5.000-6.000 unit per bulan. Kalau Beat di bawah itu, 4.000 unit," tambahnya.

Senada dengan matik, pasar motor sport juga mulai tumbuh. Bedanya, segmen ini baru saja tumbuh tahun ini. "Belakangan mulai hangat, ketika hadir Streetfire, Ferza, disusul CBR. Segmen ini mulai menampakkan hasil cukup baik," tambahnya.

Ke depan, Leo memprediksi pasar ini akan terus tumbuh, sebagaimana yang terjadi dalam pasar roda dua nasional. "Ekonomi memang agak lesu, tapi kalau normal pasar motor sport di Sumatera Utara akan baik," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.