Sukses

Malaysia Segera Perkenalkan Mobil Listriknya

Malaysia akan memperkenalkan mobil listrik pertama mereka di ajang otomotif Malaysia Autoshow, bulan depan.

Liputan6.com, Selangor - Malaysia akan memperkenalkan mobil listrik pertama mereka di ajang otomotif Malaysia Autoshow, yang dihelat mulai 10 November di Mines International Exhibition and Trade Centre.

Melansir paultan.org, Kamis (27/10/2016), mobil listrik ini adalah hasil kolaborasi antara Beijing Auto International Corporation (BAIC) dan perusahaan Malaysia bernama Amber Dual. Rencananya mobil akan dirakit di dalam negeri.

Belum ada nama resmi untuk mobil ini. Namun yang diketahui adalah bentuknya sedan, dan diharapkan bisa menempuh hingga 200 km dalam satu kali isi ulang.

Diketahui pula mobil ini mengambil platform hatchback BAIC EV200. Spesifikasi teknisnya tentu tidak akan sama persis, namun memang sejauh ini belum ada pernyataan resmi.

Dalam hal bentuk, BAIC EV200 mirip dengan Mercedes-Benz B-Class generasi pertama, baik interior ataupun eksteriornya. Kecepatan maksimal yang bisa diraih adalah 125 km/jam, dan melaju hingga 80 km/jam kurang dari 10 detik.

Sebelumnya, dilaporkan BAIC sendiri telah menetapkan Malaysia sebagai hub manufaktur mobil listrik untuk kawasan Asia Tenggara, dengan pabrik perakitan di kawasan Gurun, Kedah. Pabrik ini akan mulai beroperasi pada September atau Oktober.

Pabrik Gurun punya kapasitas produksi 20 ribu unit. Dengan melihat kapasitasnya, pabrik tersebut dapat merakit mobil listrik untuk keperluan ekspor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik