Sukses

Generasi Terbaru Kawasaki Z1000 R Makin Bersahabat

Ubahan hanya mencakup mapping ECU demi memenuhi standar Euro 4.

Liputan6.com, Tokyo - Kawasaki menyibak sosok terbaru Z1000 R jelang keikutsertaannya pada ajang EICMA di Milan, bulan depan. Penyegaran kali ini sifatnya minor, demi memenuhi standar Euro 4 dan tidak ada ubahan desain.

Dikutip Autoevolution, mesin streetbike ini masih mempertahankan 1.043 cc dari versi yang sekarang, dengan output dan torsi yang tidak berubah. Tim insinyur Kawasaki hanya mengubah mapping ECU supaya menghasilkan muntahan tenaga yang lebih halus.

Agar handling makin responsif, pabrikan dengan ciri khas warna hijau ini menyetel ulang suspensi depan serta menggunakan shockbreaker Ohlins S46DR1S untuk suspensi belakang yang telah dilengkapi setelan preload. Sementara itu, peranti pengereman menggunakan piringan cakram berdiameter 31 mm dengan fitur ABS yang dijepit kaliper Brembo M50.

Secara visual, Z1000 R hanya mendapat pilihan warna baru Metallic Graphite Gray (abu-abu) dan Metallic Spark Black (hitam). Duet livery anyar ini akan dijual bersama trio livery Golden Blazed Green (hijau), Candy Burnt Orange (oranye), dan Flat Ebony (hitam) mulai Januari 2017.

Kawasaki sendiri dalam segmen streetbike bermesin seliter hanya bersaing dengan Suzuki GSX-S1000, yang juga menerima penyegaran untuk tahun depan. Karakter rival Z1000 R ini lebih mudah dijinakkan karena berbekal mesin 999 cc berkarakter long stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.