Sukses

Motor Terasa Enteng Sehabis Dicuci, Ini Penjelasan Teknisnya

Kenapa ya, kalau habis cuci motor, terasa enteng?

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik kendaraan roda dua pasti pernah merasakan tunggangannya terasa lebih ringan setelah motor dicuci bersih. Ada yang bilang itu hanya perasaan saja, namun ada pula yang meyakini hal tersebut memang ada pengaruhnya.

Sebetulnya, adakah penjelasan teknis terkait hal ini? Handy Hariko Senior Manager Training Department Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, bahwa ada pengaruh antara cuci bersih dan perfoma motor.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena kotoran yang menempel pada motor luntur semua. "Karena lumpur yang menempel pada lepas semua, pasti enteng," ujar Handy kepada Liputan6.com, Rabu (26/10/2016).

Misalnya soal mesin. Handy menjelaskan, mesin yang tidak tertutup dengan lapisan kotoran bisa membuat pembuangan panas tidak terhambat. Sehingga kerja mesin juga bisa lebih baik. Pun dengan bagian roda.

"Biasanya roda juga lancar perputarannya, karena biasanya di master rem pada motor kotor agak tersendat, karena adanya kotoran menempel di sana," tambah Handy.

Karena alasan-alasan itu, sebaiknya pemilik sepeda motor mencuci kendaraannya secara reguler. Karena pada akhirnya, motor yang  bersih turut menjadi faktor lebih awetnya kendaraan. Hal yang sama berlaku pada mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan, Cuci Motor Kalau Kotor Saja

Kebersihan motor biasanya mencerminkan rasa sayang sang pemilik terhadap partner-nya. Terutama saat musim hujan seperti sekarang ini, sepertinya rasa sayang sang pemilik benar-benar sedang diuji.

Banyak alasan kenapa orang malas bersih-bersih saat musim hujan seperti saat ini. Ada yang takut mobil atau motornya kotor lagi, ada pula yang takut tekor karena terlalu sering pergi ke tempat cucian. Cuci sendiri pun capek karena belum lama bersih tunggangan kesayangan sudah kotor lagi.

Air hujan yang bersifat asam memiliki efek negatif jika dibiarkan nempel pada bodi kendaraan. Dampak dari air hujan bisa meninggalkan bercak hingga menimbulkan jamur.

Polling kali ini diikuti oleh 236 pembaca. Nah, berdasarkan polling yang dilakukan oleh Liputan6.com pekan lalu, ternyata sebagian besar dari pembaca bersedia mencuci motor setiap kotor. 38 persen mengakui memiliki rutinitas untuk mencuci motor setidaknya seminggu sekali, dan 16 persen lebih suka mencuci setiap sebulan sekali. Termasuk yang manakah Anda?

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.