Sukses

Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Mobil Terbakar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah segera menepi apabila sudah melihat adanya percikan api atau asap.

Liputan6.com, Bandung - Kasus mobil terbakar belakangan sering menjadi pemberitaan. Banyak kasus yang menyebabkan situasi ini, mulai dari korsleting hingga kebakaran yang terjadi akibat kecelakaan.

Lantas bagaimana kita mengatasi kondisi di mana mobil terbakar secara tiba-tiba? Melansir Autoblog, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera menepi apabila sudah melihat adanya percikan api atau asap.

Hentikanlah mobil jauh dari tiang listrik, kendaraan lain, atau lokasi yang kira-kira berbahaya bila terjadi percikan api yang besar.

Setelah menepi, segera matikan mesin sebelum keluar dari mobil. Sebab, Mesin yang dibiarkan dalam kondisi hidup bisa memicu ledakan yang besar bila api masuk ke dalam tangki bensin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keselamatan nomor satu

Saat keluar dari mobil utamakan keselamatan. Mementingkan barang berharga memang wajar, namun pastikan lebih mementingkan keselamatan diri dan jiwa.

Begitu berada di luar mobil, ambil jarak aman. Jangan berada terlalu dekat dengan mobil. Menjaga jarak aman ini untuk menghindari udara panas, sambaran api, bahkan ledakan yang mungkin terjadi dari mobil.

Hubungi petugas kebakaran, serta tenaga medis apabila diri terluka atau ada penumpang lain yang mengalami luka. Langkah-langkah jika mobil terbakar saat berkendara di atas bisa dilakukan dalam keadaan darurat. Saat paling penting tentu adalah tetap tenang dan utamakan keselamatan diri dan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini