Sukses

Menyiasati Calya-Sigra Agar Tidak Ambles

Beberapa pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mengeluhkan karakter suspensi yang kelewat empuk.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mengeluhkan karakter suspensi yang kelewat empuk. Akibatnya, mobil amblas saat penuh penumpang.

Hidayat, selaku pemilik bengkel Karya Per menuturkan untuk menyiasati kondisi ini, pemilik mobil perlu mengganti per bawaan dengan versi kustom. Penggantian ini, menurutnya, hanya bagian belakangnya saja.

"Ganti per dengan agak tebal, tambahin stopper. Tebal ulir per dinaikkan satu milimeter, kalo velg gede 2 milimeter," tutur pria yang disapa Haji Dayat ini kepada Liputan6.com, Selasa (1/11/2016).

Ia menilai, ukuran per yang lebih tebal mampu meredam bobot penumpang saat terisi penuh. Pemilik mobil masih tetap mempertahankan kenyamanan bawaan mobil karena shockbreaker tidak diganti.

"Bikin di sini, jadi kita sesuaikan. Untuk velg racing ditambah 2 milimeter biar lebih tebal, dia kuat jadi nggak amblas," sambungnya.

Pemilik bengkel yang berlokasi di Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta Timur ini menjamin hasil kustomisasi sederhana tersebut tidak mengorbankan kenyamanan.

"Ganti per berikut stopper sama ongkosnya Rp 700 ribuan," janjinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini