Sukses

Pabrikan Roda Dua India Kuasai Jawa

Mahindra & Mahindra, pabrikan otomotif yang relatif besar dari India, membeli merek Jawa, dan akan mulai memasarkannya dua tahun lagi.

Liputan6.com, Mumbai - Mahindra & Mahindra, pabrikan otomotif yang relatif besar dari India, sedang agresif mengembangkan sayap bisnis. Baru-baru ini mereka telah membeli lisensi Jawa, sehingga bisa menjual produk tersebut di India.

Jawa Moto adalah pabrikan tua yang berasal dari Ceko. Jawa sendiri adalah singkatan dari Janecek dan Wanderer, pendiri perusahaan.

Laman indianautosblog.com, dikutip Rabu (2/11/2016), melaporkan bahwa produk baru di bawah nama Jawa ini tidak akan terlalu cepat `lahir kembali`. Produk Jawa baru akan diluncurkan dua tahun lagi, tepatnya di ajang otomotif tahunan Auto Expo 2018.

Dalam pernyataannya, Mahindra mengatakan bahwa produk baru tersebut akan "menangkap karakter, DNA, dan etos dari merek tersebut."

Dalam prosesnya, Mahindra akan mengandalkan divisi Mahindra Racing Techinical Development Center yang ada di Italia. Namun proses produksi disebut akan dilangsungkan di pabrik yang ada di Pithampur.

Pawan Goenka, Executive Director of Mahindra & Mahindra mengatakan bahwa dirinya sangat bersemangat dengan strategi ini. Dengan mengambil merek ini, Goenka mengatakan bahwa mereka memang fokus dalam motor-motor premium. "Tidak hanya dalam bentuk produk, melainkan juga keseluruhan gaya hidupnya," ujarnya.

Sebelumnya, Mahindra juga membeli merek motor klasik asal Inggris, BSA. Mereka mengakuisisi saham BSA hingga 100 persen, dengan nilai 3,4 juta pound sterling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.