Sukses

Yaris Heykers Bukan Crossover, Begini Penjelasannya

Yaris Heykers yang pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 resmi melengkapi line-up Toyota.

Liputan6.com, Jakarta Yaris Heykers yang pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 resmi melengkapi line-up Toyota Astra Motor. Menariknya, mobil yang didesain dengan ground clearance lebih tinggi dibandingkan new Yaris itu bukan gen crossover.

Sri Agung Handayani, Product General Manager Yaris mengatakan, Heykers masih masuk dalam jenis hatchback dan diposisikan untuk memperkuat Yaris. "Tetap memenuhi market yang sama yakni hatchback," ia menegaskan.

Sebelum merilis Heykers, Toyota lanjut Agung telah melakukan survei terhadap pasar nasional sejak 2015.

"Pasar hatchback terbagi dua. Ada yang memperhatikan fun and stylist, tapi juga ada yang ingin mobil (hatchback) sporty and adventure," imbuh dia.

Praktis, hadirnya Yaris Heykers membuka segmen baru dan diharapkan mampu memperkuat posisi mereka di pasar.

Menjaga Pangsa Pasar

Yaris menurut  F. Soerjopranoto, Executive General Manager Vehicle Sales Planning PT TAM, menguasai 41 persen pasar. Dia menjelaskan, penjualan hatchback secara nasional capai 90 ribuan unit per bulan. Sementara Yaris, yang mengisi kelas hatchback medium pasarnya capai 3.500 unit.

"Kami ingin jaga sebesar 41 persen atau 1.400 per bulan," ucapnya. Sekadar informasi, new Yaris Heykers mengusung konsep adventure yang diperkuat melalui desain bumper depan, over fender, roofrail, side protection moulding, side skirt, rear spoiler, dan rear bumper.

Ground clearance new Yaris Heykers juga lebih tinggi 35 mm dibandingkan new Yaris menjadi 184 mm. Ini merupakan konsekuensi dari penerapan TRD Suspension (+20) dan ban berprofil 195/55 R16.

Lebih lanjut, new Yaris Heykers menggunakan mesin baru yakni 2NR-FE berkubikasi 1.496 cc dengan teknologi dual VVT-i. Mesin anyar ini menggantikan 1NZ yang dipakai pada Yaris terdahulu.

Jenama Jepang itu mengklaim, mesin baru ini meningkatkan efisiensi hingga 17 persen pada varian transmisi manual. Sementara pada tipe otomatis CVT 7-percepatan, bisa lebih hemat hingga 30 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini