Sukses

Toyota 86 Disuntik Mesin Ferrari, Apa Jadinya?

Liputan6.com, Las Vegas - SEMA Show adalah ajang otomotif tahunan yang mempertemukan antar pelaku industri aftermarket. Di sana banyak produk-produk modifikasi menarik. Salah satunya adalah yang terlihat pada foto di atas.

Foto di atas adalah Toyota GT4589. Apa yang menarik dari mobil asal Jepang ini adalah ia dijejali oleh mesin V8 4,5 liter milik Ferrari. Akibatnya pun bisa ditebak. Tenaga mobil yang berbasis Toyota 86 ini pun naik cukup signifikan.

Mesin ini secara resmi dikenal dengan nama F136, atau yang juga dikenal dengan sebutan mesin Ferrari-Maserati karena dikembangkan bersama. Mesin yang dibuat mereka berkisar antara 4,2 liter hingga 4,7 liter, naturally aspirated.

Pada versi 4,5 liter, mesin ini diinstalasi pada model Ferrari 458 (Italia, Spider, dan Speciale). Mesin ini mengeluarkan tenaga mulai dari 562 Tk hingga 597 Tk.

Laman drive.com.au, diakses Kamis (3/11/2016), mengatakan bahwa Toyota 86 ini harus mendapat beberapa perubahan agar dapat menerima mesin buas Ferrari. Satu di antaranya adalah kostumisasi kap agar bisa mengakomodasi mesin Ferrari yang berukuran lebih besar. 

Knalpot kustom juga dibuat untuk menyalurkan gas buang dari depan roda depan. Ini bertujuan agar kebisingan bisa diminimalisir. Sementara Velg berkelir emas dibuat melebar keluar untuk mengakomodir ukuran ban yang lebih besar.

Orang yang berada di balik modifikasi unik ini bernama Ryan Tuerck. Modifikasi ini sudah ia mulai pada Juli lalu.