Sukses

Solusi Otomotif: Penyebab Mesin Berat Saat AC Mobil Hidup

Pengguna Toyota Corolla mengeluhkan performa mesin yang terasa berat ketika AC hidup. Kenapa dan apa solusinya?

Saya punya Toyota Great Corolla tahun 1994. Kenapa kalo AC nyala, mobilnya jadi berat. Apalagi, pernah sekali waktu ketika pake AC terus mobil mogok, pada akhirnya aki nya harus diganti, padahal akinya baru diganti sekitar 2-3 bulanan. Mohon solusi dan sarannya -Ahmad Zacky-

Liputan6.com, Jakarta - Jawaban:
Mas Ahmad Zaky terima kasih atas pertanyaannya mengenai mobil Great Corolla 94. Saya menjawab beberapa pertanyaan seputar AC dan tenaga mesin juga ada kaitannya dengan aki tekor sampai habis listriknya dan ganti aki yang baru.

Aki (Batterai):
- Penggunaan aki memang ada umur pasti akan rusak tapi bisa di lakukan perawatan dengan menjaga Level Air aki tetap terjaga sesuai standart pada masing masing selnya.
- Memeriksa apakah sistem pengisian Alternator dalam kondisi normal mengisi listrik ke aki.
- Nah, kalau lagi berkendara menggunaan AC kemudian aki menjadi rusak kemungkinan pada sistem pengisian listrik dan aki sudah mengalami gangguan tidak ada hubungan dengan sistem AC.

Mesinnya menjadi berat saat AC hidup:
- Greco Pak Zaky mesinnya memang dalam kondisi kurang fit (th94) apakah sudah pernah turun mesin? bisa di dalam ruang bakarnya sudah banyak karbon yang menempel di ruang bakar dan pistonnya yang mengakibatkan mesin menjadi berat. Pembakarannya tidak sempurna.
- Pada sistem AC sendiri ada masalah (kompresor AC sudah mulai berat ada yang macet) atau saat mengisi freon kebanyakan, bisa juga idle bearing AC macet sehingga membuat putaran mesinnya menjadi berat. Solusinya harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh mesin dan sistem AC.

Semoga jawaban saya dapat membantu Pak Zaky memeriksa GRECO94 menjadi lebih baik dan nyaman digunakan aktifitas sehari hari .

Terima Kasih

H Agus Mustafa

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa sejumlah prestasi di antaranya:
- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest; dan
- Jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini