Sukses

Ini Merek Mobil Paling Irit BBM

Teknologi SkyActiv berhasil menekan konsumsi BBM.

Liputan6.com, California - Standar emisi di negara maju menuntut mobil sangat minim emisi. Salah satu strategi yang jamak digunakan yaitu dengan downsizing engine, alias menurunkan kapasitas silinder namun tidak mereduksi output sekaligus torsi.

Caranya, dengan menambahkan turbocharged pada mesin untuk mengail tenaga yang awalnya tereduksi. Lain halnya dengan Mazda, pabrikan asal Jepang ini percaya diri dengan teknologi SkyActiv ciptaannya untuk menghasilkan tenaga besar dari mesin kecil.

Sistem yang memakai kompresi sangat tinggi ini berhasil mengail tenaga tanpa perlu tambahan turbocharged ataupun memakai bahan bakar khusus, dan hanya optimalisasi injeksi bahan bakar. Dengan rasio kompresi 14:1, Mazda menggunakan sistem pembuangan 4-2-1 supaya meminimalisir risiko knocking di kompresi tinggi.

Teknologi ini rupanya mengantarkan Mazda sebagai merek mobil paling efisien BBM Versi Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat. Penilaian ini mengacu pada mesin 2,0 dan 2,5 liter SkyActiv dengan output 184 tk ke atas.

EPA melihat konsumsi BBM mesin naturally aspirated mobil pribadi Mazda di angka 13,1 km/liter pada pemakaian di jalan raya. Sementara itu pada mobil fleet mampu meraih konsumsi BBM 10,48 km/liter, demikian dikutip Autoevolution.

"Pemakaian teknologi unik SkyActiv, Mazda mampu mencapai efisiensi bahan bakar terbaik di semua segmen dan setia pada misi utama, kegiatan berkendara," ucap Masahiro Moro, CEO Mazda Amerika Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini