Sukses

Cara Mudah Bikin Rem Tromol Pakem

Peredaran kendaraan yang masih menggunakan rem tromol juga masih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pengereman pada kendaraan bermotor saat ini lebih didominasi oleh rem cakram. Selain lebih menggigit, rem cakram juga dinilai lebih menjanjikan keselamatan.

Pada kenyataannya, peredaran kendaraan yang masih menggunakan rem tromol juga masih tinggi. Dibanding rem cakram, perawatan dan penggantian komponen rem tromol juga lebih sederhana dan harganya relatif terjangkau.

Berikut ini adalah tips membuat rem tromol lebih pakem sebagaimana dikutip dari mustangandfords.

1. Bersihkan rem tromol
Dalam beberapa kasus, rem tromol mengalami penurunan daya cengkram karena banyaknya kotoran di sekitar kampas rem.

Untuk mengatasi hal ini dapat dengan melepaskan tromol dari dudukannya dan melepas kampas rem. Setelah itu kampas rem dan tromol bisa dibersihkan dengan udara bertekanan tinggi atau compresor. Selain itu juga bisa dibersihkan dengan lap bersih.

2. Rendam dan jemur kampas rem
Cara kedua untuk membuat rem tromol lebih pakem adalah dengan merendam kampas rem. Caranya sama seperti yang pertama, lepaskan kampas rem kemudian rendam dalam air bersih hingga meresap. Baru kemudian kampas rem bisa dijemur dan dipasang kembali.

3. Gunakan sabun colek
Cara berikutnya untuk membuat rem tromol lebih pakem adalah dengan menggunakan sabun colek. Namun dengan menggunakan sabun colek, rem tromol dan kampas rem tak perlu dikeluarkan dari dudukannya. Hanya perlu mengoleskan sabun colek disekitar rem tromol dan sabun colek, dan kemudian mencoba untuk mengeremnya beberapa kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini