Sukses

Menjajal Kenyamanan Truk Pekerja `Berdarah` Eropa

Mengendarai truk berat memang bukan perkara mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai truk berat memang bukan perkara mudah. Dalam `check and drive` yang diadakan UD Trucks di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Liputan6.com mendapat kesempatan untuk menjajal dua truk adalan mereka, yakni Quester GWE370 dan GKE280.

UD Trucks Quester GWE370 jadi yang pertama dijajal. Duduk di kursi belakang, joknya terasa empuk. Adanya fitur pendingin udara juga menambah kenyamanan.

Setelah duduk selama satu putaran di kursi belakang, kini saatnya menjajal mengemudikannya. Wardiyo dari Astra International UD Trucks yang mendampingi meminta awak Liputan6.com untuk membiasakan dengan tuas transmisi.

Cukup berat untuk melakukan perpindahan gigi. Uniknya lagi, Quester GWE370 ini menggendong mesin enam silinder 10,8 liter yang dikawinkan dengan transmisi 12 percepatan, overdrive.

Mengendarai truk berbeda dengan mobil manual pada umumnya. Lantaran melimpahnya daya puntir di putaran rendah, Anda tak perlu khawatir mesin bakal mati ketika kurang mahir `memainkan` kopling dan gas.

"Jadi jangan takut mesin mati, torsinya gede di putaran rendah," kata Wardiyo.

Di atas kertas, mesin DH11E (D11A370) menjanjikan tenaga 370 Tk pada 1.900 rpm dan torsi 1.700 Nm pada 1.000-1.400 rpm.

Pada tuas transmisi ada switch. Ini disebut tombol hi-lo yang berfungsi untuk memindahkan transmisi ke yang lebih tinggi atau sebaliknya. "Karena ada 12 percepatan tombol tinggal digeser ke atas apabila ingin memindahkan gigi ke posisi 7-12 atau sebaliknya," papar Wardiyo.

Sebelum melaju, jangan lupa melepas rem angin. Selain itu, terdapat pula rem untuk menguji trailer apabila tracktor head ini sedang menarik muatan.

Aspek kenyamanan memang jadi fokus UD Truck dalam meracik Quester. Ini dibuktikan dengan kursi pengemudi dan penumpang yang telah dilengkapi dengan suspensi udara. "Ini melengkapi empat suspensi untuk kenyamanan kabin."

UD Trucks Quester juga bisa membaca pola pengemudi sang sopir. Sebelum berkendara mereka diminta untuk menyisipkan USB ke dermaga yang tersedia. Hasilnya, sang pemilik truk bisa melihat seberapa baik berkendara sang sopir.

Menurut dia, UD Trucks Quester punya konsumsi BBM yang lebih baik dibanding kompetitor. Bila lawan di kelasnya hanya 1 liter untuk 2 kilometer, Quester justru bisa mencapai 4 kilometer. Tangki BBM-nya bisa memuat solar 315 liter.



Selain mencoba, Quester GWE370, Liputan6.com juga menjajal GKE280. Beda dengan sebelumnya, truk ini didesain untuk menarik trailer berukuran yang lebih kecil. Sementara mesinnya 7,7 liter yang dikawinkan transmisi 9 percepatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini