Sukses

Top 3: Efek Jas Hujan dan Motor Mogok

Liputan6.com, Jakarta Hal kecil kadang terlewat begitu saja, namun punya efek besar terhadap performa motor. Seperti kejadian meletakan jas hujan di balik jok. Artikel itu masih jadi sorotan pembaca Otomotif Liputan6.com.

Tips berkendara saat hujan juga jadi perhatian. Berikut ringkasannya:

1. Jangan Taruh Jas Hujan di Balik Jok
Salah satu kebiasaan buruk pemilik sepeda motor adalah menyimpan jas hujan di balik jok, meski sebetulnya tak ada ruang untuk itu. Hal ini berlaku untuk sejumlah motor.

Posisi jas hujan di tempat ini justru menutupi saluran udara atau tutup tangki bensin. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pada proses pembakaran. Efek lainnya juga menyebabkan jas hujan cepat kaku dan pada akhirnya rusak atau robek. Selengkapnya baca di sini.

2. Berkendara Saat Hujan, Perhatikan 8 Hal Ini Kalau Mau Aman
Di musim hujan seperti sekarang ini, risiko terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor meningkat. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti permukaan jalanan yang licin karena basah atau berkurangnya jarak pandang lantaran guyuran hujan.

Nah, bagi Anda yang sehari-hari beraktivitas menggunakan sepeda motor, tidak ada salahnya mencoba apa yang disampaikan Michael Gerald selaku Safety Riding Analyst Astra Motor (dealer utama sepeda motor Honda) demi mengurangi risiko kecelakaan. Selengkapnya baca di sini.

3. Pertolongan Pertama Saat Motor Mogok
Banyak masyarakat mengandalkan sepeda motor sebagai sarana transportasi. Sayangnya, di musim hujan, beragam masalah dapat muncul secara mendadak. Apalagi, terkadang hujan tak bisa diprediksi.

Masalah utama yang sering timbul saat musim hujan itu adalah motor yang mogok tiba-tiba. Tapi tenang, sebetulnya Anda tidak perlu ke bengkel untuk membenarkannya. Anda hanya perlu beberapa pengetahuan sederhana soal itu. Selengkapnya baca di sini.