Sukses

Motor Matik Tiba-tiba Boros? Ini Kiat Mengatasinya

Bila motor matik tiba-tiba boros bensin jauh dari biasanya, jelas ada masalah.

Liputan6.com, Bandung Skutik relatif hemat BBM. Namun bila motor matik tiba-tiba boros bensin jauh dari biasanya, jelas ada masalah. Nah pernahkah mengalami boros dadakan? Ini kiat mengatasinya seperti dikutip dari bellperformance.com.

1. Jangan Memanaskan mesin
Pengendara motor yang dulunya terbiasa menggunakan motor manual rasanya sudah tak heran dengan prosedur wajib ini. Mesin motor memang sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, agar oli mesin merata pada keseluruhan mesin. Namun memanaskan mesin yang terlalu lama justru menjadikan motor lebih boros bensin.

2. Ganti Oli teratur
Mengganti oli dalam waktu tertentu atau setelah kilometer tertentu memang wajib dilakukan. Bila telat akan membuat kerja mesin jadi berat. Yang akhirnya, lebih banyak bahan bakar yang terpakai untuk membuat mesin tetap bekerja.

3. Bersihkan filter udara
Terdengarnya remeh, namun filter udara yang kotor membuat aliran udara ke ruang bakar tidak lancar. Efeknya proses pembakaran jadi tidak sempurna, yang hasilnya bisa ditebak, boros BBM.

4. Jangan gas pol
Kesalahan banyak orang adalah main gas pol untuk mendapatkan akselarasi instan. Padahal hal ini sangat mempengaruhi  konsumsi BBM. Sebisa mungkin jangan putar gas dengan perlahan, jangan dadakan langsung gas kencang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.