Sukses

Toyota Ternyata Punya Mobil Sekelas Rolls-Royce

Toyota Century, mobil asal Jepang yang tidak kalah dengan Rolls-Royce atau Bentley.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berbicara tentang mobil mewah langka, pikiran kita akan langsung melayang kepada merek-merek seperti Rolls-Royce atau Bentley. Padahal segmen ini tak hanya didominasi oleh mereka.

Bahkan, merek arus utama seperti Toyota juga punya mobil sejenis ini. Namanya Toyota Century, limusin empat pintu yang dibuat khusus untuk pasar Jepang.

Mobil ini adalah limusin empat pintu yang pertama kali dibuat pada 1967. Hingga 1997, model ini menggendong mesin V8, namun setelahnya hingga sekarang mesin yang digunakan berjenis V12, yang memang khusus dibuat untuk model ini.

Apa yang menarik dari model ini adalah bahwa ia dibuat dengan jumlah yang sangat terbatas. Ini disebabkan karena proses pembuatannya dengan cara handmade sehingga memang butuh waktu yang lebih lama ketimbang menggunakan mesin-mesin raksasa.

Tak heran jika kemudian di Jepang mobil ini biasanya digunakan oleh pejabat sekelas perdana menteri, kaisar, atau pebisnis kelas kakap.

Tahun lalu, tiga model ini masuk ke Indonesia melalui Importir Umum (IU) Prestige Motor Cars, dengan harga mencapai Rp 6 miliar.

Masuknya model ini bahkan lebih dulu ketimbang pasar lain seperti Amerika Serikat (AS). Laman huffingtonpost.com misalnya, melaporkan bahwa Toyota Century untuk pertama kalinya mendarat di AS, Selasa (15/11/2016) kemarin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.