Sukses

Bursa Pelumas Makin Licin, Bardahl Buat Strategi Baru

Bardahl kembali meramaikan kompetisi bisnis oli di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam produk pelumas di Indonesia. Dari yang merek lokal, hingga merek internasional. Konsumen bisa dengan mudah mencari mana yang paling sesuai untuk kendaraannya.

Persaingan yang relatif ketat tersebut sekarang semakin sengit dengan hadirnya merek baru, Bardahl namanya. Merek ini sebetulnya sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun lalu, tapi tidak begitu berhasil karena satu dan lain sebab.

"Kami akui terlambat masuk ke Indonesia, dulu sudah masuk tapi belum cocok dengan beberapa rekanan. Sekarang kami kembali," ujar Syafrian Effendi, Director Bardahl Manufacturing Corporation di kawasan Senayan, Kamis (17/11/2016).

Menurut Effendi, sejak 2015 lalu mereka telah memiliki 12 distributor yang tersebar di beberapa kota, di antaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, dan Jakarta.

Dua produk utama mereka adalah aditif dan pelumas, yang diklaim merupakan satu-satunya produk yang dibuat dengan bentuk aditif dari molekul C60. Molekul ini dikatakan bisa meresap permukaan logam sehingga bisa menahan suhu panas lebih baik.

Selain itu, Bardahl juga menjajakan berbagai filter, dari mulai filter udara, filter oli, dan filter kabin untuk mobil.

Sebagai tambahan, Bardahl Manufacturing Corporation (BMS) yang pertama kali didirikan pada 1939 ini bermarkas di Seattle, Amerika Serikat (AS). Produk ini sudah dijual di 85 negara serta banyak digunakan sebagai original equipment manufacture (OEM).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini