Sukses

Mengenal Seluk Beluk Kompon Ban

Berikut penjelasan beberapa jenis kompon yang membentuk ban kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Ban adalah satu komponen terpenting pada kendaraan. Ban menjadi satu-satunya bagian kendaraan yang langsung menyentuh permukaan aspal atau tanah, sehingga sangat berpengaruh untuk kenyamanan dan keselamatan.

Untuk mendukung fungsinya tersebut, ban dibentuk dari komponen yang berbeda. Kompon adalah material dasar pembentuk ban, baik itu karet alami atau karet buatan alias sintetis. Pada umumnya, ada kompon yang keras (hard), menengah (medium), dan lunak (soft). Mari kita kenal lebih jauh ban jenis ini.

Pertama ban hard. Sebagaimana namanya, ban ini dibentuk dari material terkeras. Keuntungan dari jenis ban ini adalah lebih awet karena tidak mudah aus. Namun kerugiannya, ban ini punya daya cengkeram yang paling lemah dibanding yang lain.

Lalu ban soft. Ban ini dibuat dari karet lunak. Keuntungannya, grip atau cengkeraman ke aspal lebih baik ketimbang ban hard. Namun, karena ban ini lunak, maka karetnya cepat aus. Dengan demikian ban ini relatif tidak cocok untuk penggunaan harian.

Terakhir adalah tipe medium. Kekerasan ban ini terletak di antara ban soft dan hard. Karena itu ban ini relatif lebih tahan lama, tapi juga tetap punya daya cengkeram yang bagus. Bisa dibilang, komponen ini adalah yang paling aman untuk ban di kendaraan yang dipakai sehari-hari.

Lantas, bagaimana mengetahui ban yang kita gunakan dibuat dari kompon apa? Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan ban menggunakan kuku. 

Jika bekas kuku dalam dan lama hilang, maka ban tersebut lunak; jika bekasnya tidak terlalu dalam dan hilang lebih cepat berarti medium; dan jika tidak meninggalkan bekas atau meninggalkan sedikit bekas maka ban itu memiliki kompon keras. 

Selain itu, kompon ban juga bisa diketahui dengan cara melihat keterangan pada ban itu sendiri, yang tertera di bagian samping ban. Kode kompon biasanya ditulis dengan huruf. `S` berarti Soft; `M` artinya Medium; dan `H` berarti Hard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini