Sukses

SPBU Bermasalah, Pertamina akan Segera Tindak Lanjuti

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III berkomitmen untuk segera menindaklanjuti hasil Uji Petik YLKI.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III berkomitmen untuk segera menindaklanjuti hasil Uji Petik terhadap kualitas pelayanan SPBU yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Dari hasil uji petik YLKI tersebut diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang perlu dikaji ulang terkait jumlah takaran dan kondisi fasilitas pendukung yang dimiliki SPBU. Proses uji petik YLKI tersebut dilaksanakan di 48 SPBU yang berada di wilayah Pertamina Marketing Operation Region III.

“Kami akan segera tindaklanjuti, karena komitmen Pertamina selalu mengedepankan pelayanan terbaik untuk konsumen,” kata Yudi Nugraha, Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat dalam siaran persnya.

Dalam melakukan pemeriksaan takaran, seperti dikutip dari naikmotor.com, YLKI bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Provinsi Jakarta, Kabupaten dan Kota Tanggerang, Bogor serta Kota Bekasi.

Sesuai hasil pengujian yang mengacu pada batas toleransi standard Metrologi Legal (≤ ±100ml/20lt) ditemukan 2 dari 229 nozzle di 48 SPBU yang melebihi standar batas toleransi. Dan apabila menggunakan standar PT Pertamina (Persero) (≤ ±60ml/20lt), maka terdapat 20 dari 229 nozzle di 48 SPBU yang hasil ujinya melebihi standar batas toleransi.

“Dari kedua informasi tersebut, dapat digarisbawahi bahwa hasil yang diumumkan masih dalam batas toleransi sesuai dengan Keputusan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri No. 37/PDN/KEP/3/2010 dan Ketetapan Standard Batas toleransi Internal Pertamina. Intinya, kami akan segera melakukan uji tera untuk mencapai pelayanan terbaik sesuai dengan standar yang telah ditentukan,” jelas Yudi.

Selain uji takaran, YLKI juga mengumumkan adanya fasilitas pendukung di SPBU yang masih belum memenuhi harapan konsumen, seperti toilet dan tempat ibadah. Untuk kategori penilaian lainnya, hasil uji petik menunjukkan bahwa sudah memenuhi harapan konsumen. Pertamina sangat mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan oleh YLKI.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada YLKI. Saran dan rekomendasi yang berasal dari konsumen perlu menjadi fokus perhatian Pertamina untuk melakukan peningkatan pelayanan demi mencapai kepuasan pelanggan,” tutup Yudi.

(afid)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    SPBU

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina